Pantai Lovina

Rate this post

Lumba -Lumba di Pantai Lovina Singaraja Bali
Pantai Lovina sangat cocok untuk rekreasi air seperti menyelam, snorkling, berenang, memancing, berlayar, mendayung dan sekedar berendam di air laut karena air lautnya yang tenang, pasir berwarna kehitam-hitaman, dan karang laut dengan ikan-ikan tropisnya. Pantai Lovina sering disebut Dolphin karena di sinilah satu-satunya pantai di Bali yang ada dolphin/lumba – lumba di tengah lautnya. Kita bisa melihat langsung tingkah laku lucu dari dolphin dengan menyewa boat traditional yang disiapkan oleh yayasan dolphin lovina dan sekitar jam 5 pagi semua peserta sudah siap untuk terjun kelaut untuk melihat aktivitas kehidupan mamalia dolphin ini dan jika beruntung kita bisa melihat banyak sekali rombongan dolphin yang muncul dipermukaan laut dan bermain-main dengan perahu nelayan yang kita tumpangi.

Ikan lumba-lumba yang menyelam, melompat di atas permukaan air dengan pemandangan untaian gunung di sebelah selatannya, langit kemerah-merahan pertanda terbitnya matahari, merupakan suatu pemandangan yang memberi daya tarik yang sangat memikat. Beberapa lumba-lumba dengan santainya bersalto di udara menunjukkan atraksi yang jarang terjadi bahkan tidak ada pada lokasi wisata pantai lainnya. Usai atraksi lumba-lumba tersebut, ke lokasi dimana terumbu karang bisa terlihat dengan cukup jelas dari atas perahu.

Pantai Lovina diberi nama oleh Almarhum Anak Agung Panji Tisna. Konon nama Lovina diambil dari nama hotel kecil di India yaitu “Lafeina” dimana beliau menginap dan menulis buku dengan judul Ni Ketut Widhi (yang kemudian buku ini diterjemahkkan kedalam beberapa bahasa dan untuk mengenang almarhum). Ada juga versi lain Lovina ini diambil dari adanya dua pohon “santen” yang ditanam oleh putra beliau yang kemudian tumbuh saling berpelukan. Jadi Lovina berasal dari bahasa latin dengan arti saling mengasihi atau saling menyayangi. Kemudian oleh Bupati Kepala Daerah tingkat II Buleleng, Drs. I Ketut Ginantra selama masa jabatannya dari tahun 1988 sampai 1993, Lovina diartikan sebagai singkatan dari “Love” dan “Ina” artinya “Cinta Indonesia”.

Terdapat berbagai macam akomodasi, baik hotel berbintang, hotel melati, pondok wisata maupun “homestay”, rumah makan, toko cendramata, angkutan, pelayanan pertukaran uang (money changer), pelayanan informasi pariwisata (tourist information service), telpon (Wartel) dan lain-lainnya. Tidak jauh dari Pantai Lovina juga terdapat beberapa tempat wisata sebagai pendukung wisata kawasan pantai lovina ini diantaranya : Air Panas Banjar, Wihara Budaha, Air Terjun Gitgit, dan desa-desa sekitarnya yang sangat ideal untuk mereka yang mencintai alam (ecotourism).

Leave a Reply