Pura Ulun Danu Bedugul

Rate this post

Pura Ulun Danu Bedugul
Sebuah candi yang berusia tua yang berada di atas air adalah Pura ulun Danu.Pura Ulun Danu termasuk bangunan kuno, tetapi semua keadaan fisiknya masih bersih dan tertata dengan rapi. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul. Pura Ulun Danu dibangun untuk tempat memuja Dewi Danu. “Danu” sendiri adalah bahasa lokal Bali yang berarti “Danau”. Sedangkan “Bratan” adalah nama dari danau yang terletak di dataran tinggi Bedugul ini. Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan Dewi Danu yaitu dewi air, danau, dan sungai.Pura ini disebut juga dengan Pura Subak bagi para petani.

Objek wisata ini sangat sejuk karena letaknya d dataran tinggi dan kadang-kadang di selimuti kabut, keindahan alam pegunungan dan Danau Beratan yang bersih, di tengahnya ada sebuah pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan, akan sangat sayang sekali kalau di lewatkan. Memang banyak wisatawan melakukan wisata tour selama liburan di Bali.

Sebagai salah satu ikon pulau Bali, Anda pasti mengenal pura suci ini, setidaknya dapat melihatnya dari gambar uang kertas Rp50.000,00. Pura Ulun Danu Beratan yang berada di tepi Danau Beratan. Di depan halaman sebelah kiri dari Pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas babaturan (teras). Diperkirakan bahwa lokasi Pura Ulun Danu Beratan telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak zaman megalitik.

Untuk lebih menikmati keindahan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu, anda juga bisa menyewa kapal boat atau sampan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, di areal ini juga terdapat kios-kios kecil untuk keperluan oleh-oleh bagi keluarga.

Leave a Reply