Pura Goa Gajah

Tidak salah kalau Pulau Bali diberi julukan Pulau Seribu Pura. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk Pulau Bali beragama Hindu. Salah satu pura yang dijadikan tempat wisata adalah Pura Goa Gajah. Pura ini terletak di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 26 km dari kota Denpasar. Lokasi tepatnya goa ini adalah di tepi jurang dan merupakan pertemuan dari sungai kecil di desa tersebut.
Goa Gajah adalah salah satu tujuan wisatawan baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Saat kita mengunjungi Goa Gajah serasa menelusuri masa lalu kebudayaan Bali sejak Zaman Purba karena Pura Goa Gajah dikenal sebagai tempat pertapaan Hindu dan Budha peninggalan abad ke 11.
Mengenai asal usul nama Goa Gajah, diduga kata Goa Gajah berasal dari kata “ Lwa Gajah”, yang berarti wihara tempat pemujaan para Bhiksu umat beragama Budha. Pada lontar Negarakertagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M terdapat nama tersebut. Sedangkan kata “ Lwa “ berarti sungai. Maka disimpulkan menjadi pertapaan yang terletak di tepi sungai.
Untuk menuju sebuah goa dengan pahatan yang indah, kita harus menuruni anak tangga dari tempat parkir. Kita tidak akan merasa lelah atau jenuh selama melakukan perjalanan menuju Goa Gajah karena tempat wisata ini dikelilingi dengan pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri.
Saat sampai di Depan Goa, kita akan langsung melihat pahatan – pahatan yang indah dan 2 patung penjaga. Pintu masuk melalui mulut goa hanya cukup untuk 1 orang. Pada bagian luar pura ini terdapat kolam pancuran yang ukurannya cukup besar. Selain itu disekitar goa juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci. Pancuran air suci yang mengalir dari badan beberapa arca yang berdiri berjejer yang seolah menyambut kunjungan wisatawan. Total patungnya ada tujuh yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India, dimana tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.
Cara meletakkan arca pada bagian goa adalah dengan membuat ceruk – ceruk batu. Salah satu arca yang menarik perhatian wisatawan adalah arca Ganesha. Ganesha adalah lambang kebijaksanaan dalam mitologi Hindu. Arca Ganesha ini berusia ribuan tahun dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.
Goa Gajah menjadi salah satu tujuan wiatawan dari sekian banyak tempat wisata di Bali karena wisata Pura Goa Gajah memiliki daya tarik tersendiri.

Pilihan Produk Lainnya :

Museum Sidik Jari Denpasar Bali

Museum Sidik Jari Denpasar Bali

Museum sidik jari bukanlah museum yang menyimpan koleksi historis sidik jari orang-orang terkenal. Namun museum ini menyimpan koleksi lukisan yang dibuat tidak dengan kuas namun hanya dengan ujung – ujung jari. Adalah I Gusti Ngurah Gede Pemecutan, sang seniman lukis sidik jari. Pada
Pura Besakih, Pura Terbesar di Bali

Pura Besakih, Pura Terbesar di Bali

Bali yang mayoritas penduduknya menganut agama Hindu membuat Bali dijuluki Pulau Seribu Pura. Tidak sedikit pura di Bali dijadikan obyek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Pura Tanah Lot, Pura Ulun Danu Bedugul dan Pura Uluwatu sudah tidak asing
Paket Bulan Madu 2 Hari 1 Malam Bali Sweety

Paket Bulan Madu 2 Hari 1 Malam Bali Sweety

Keindahan alam di Pulau Bali mampu menarik banyak pasangan suami istri yang baru menikah untuk menikmati Bulan Madu di Bali. Oleh karena itu, kami menawarkan Paket Bulan Madu yang telah kami susun spesial untuk wisatawan yang ingin berbulan madu di Bali. Berikut rincian
Rafting di Sungai Ayung

Rafting di Sungai Ayung

Anda suka tantangan? Wisata Rafting di Sungai Ayung adalah aktifitas yang tepat bagi anda. Mengarungi sungai terbesar di Bali ini tentunya memiliki tantangan tersendiri. Sungai yang terletak di sebelah barat desa Ubud ini memiliki panjang 11 km dengan jarak tempuh 2 jam dan