Pura Goa Gajah

Tidak salah kalau Pulau Bali diberi julukan Pulau Seribu Pura. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk Pulau Bali beragama Hindu. Salah satu pura yang dijadikan tempat wisata adalah Pura Goa Gajah. Pura ini terletak di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 26 km dari kota Denpasar. Lokasi tepatnya goa ini adalah di tepi jurang dan merupakan pertemuan dari sungai kecil di desa tersebut.
Goa Gajah adalah salah satu tujuan wisatawan baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Saat kita mengunjungi Goa Gajah serasa menelusuri masa lalu kebudayaan Bali sejak Zaman Purba karena Pura Goa Gajah dikenal sebagai tempat pertapaan Hindu dan Budha peninggalan abad ke 11.
Mengenai asal usul nama Goa Gajah, diduga kata Goa Gajah berasal dari kata “ Lwa Gajah”, yang berarti wihara tempat pemujaan para Bhiksu umat beragama Budha. Pada lontar Negarakertagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M terdapat nama tersebut. Sedangkan kata “ Lwa “ berarti sungai. Maka disimpulkan menjadi pertapaan yang terletak di tepi sungai.
Untuk menuju sebuah goa dengan pahatan yang indah, kita harus menuruni anak tangga dari tempat parkir. Kita tidak akan merasa lelah atau jenuh selama melakukan perjalanan menuju Goa Gajah karena tempat wisata ini dikelilingi dengan pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri.
Saat sampai di Depan Goa, kita akan langsung melihat pahatan – pahatan yang indah dan 2 patung penjaga. Pintu masuk melalui mulut goa hanya cukup untuk 1 orang. Pada bagian luar pura ini terdapat kolam pancuran yang ukurannya cukup besar. Selain itu disekitar goa juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci. Pancuran air suci yang mengalir dari badan beberapa arca yang berdiri berjejer yang seolah menyambut kunjungan wisatawan. Total patungnya ada tujuh yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India, dimana tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.
Cara meletakkan arca pada bagian goa adalah dengan membuat ceruk – ceruk batu. Salah satu arca yang menarik perhatian wisatawan adalah arca Ganesha. Ganesha adalah lambang kebijaksanaan dalam mitologi Hindu. Arca Ganesha ini berusia ribuan tahun dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.
Goa Gajah menjadi salah satu tujuan wiatawan dari sekian banyak tempat wisata di Bali karena wisata Pura Goa Gajah memiliki daya tarik tersendiri.

Pilihan Produk Lainnya :

Grand Hotel Kuta and Residence

Grand Hotel Kuta and Residence

Grand Hotel Kuta and Residence memiliki lokasi sentral di kawasan yang tenang di daerah Kuta. Tempatnya sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Kuta dan juga 10 menit ke airport, membuat hotel ini menjadi pilihan tempat untuk beristirahat saat liburan di Pulau Bali. Grand
Sanur Paradise Plaza Hotel & Suites

Sanur Paradise Plaza Hotel & Suites

Sanur Paradise Plaza Hotel & Suites merupakan salah satu hotel bintang 4 yang berlokasi di Sanur. Sanur terkenal dengan keindangan matahari terbit (sunrise). Jika ada ingin menyaksikan keindahan sunrise tersebut ada baiknya memilih hotel yang berlokasi di kawasan wisata Sanur sehingga baru bangun
Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

Di Singaraja banyak terdapat Air terjun tetapi wisata air terjun yang sangat terkenal adalah air terjun kembar gitgit (twin waterfall gitgit), air terjun berada di desa Gitgit maka dari itu air terjun ini disebut air terjun kembar gitgit. cara untuk menjangkau air terjun
Paket Wisata Keluarga 4 Hari 3 Malam Bali

Paket Wisata Keluarga 4 Hari 3 Malam Bali

Jika anda memiliki rencana liburan ke Pulau Bali bersama keluarga, anda bisa bergabung dalam Paket Wisata Keluarga 4 Hari 3 Malam Bali. Dalam paket ini kami menyusunkan rute tour yang mendidik untuk si kecil. Berikut detail paketnya : Hari 01. Arrival – Bali