gunung kawi bali

 

Jika anda punya agenda berlibur ke Bali, jangan lupa masukkan Gunung Kawi dalam daftar kunjung wisata anda di Bali. Gunung kawi kami merupakan salah satu cagar budaya bali yang berupa pahatan candi lokasinya objek wisata bali yang satu tidak jauh dengan objek wisata tampak siring yang dikenal sebagai sumber air suci yang di percaya sebagai tempat penyucian diri

Lokasi
Gunung kawi berada di Kabupaten Gianyar, yang berjarak sekitar 35 km arah timr laut tepatnya berlokasi di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar

Sejarah
Candi Gunung Kawi adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat memuliakan roh Raja Udayana beserta keluarganya. Tafsiran ini dihubungkan dengan pahatan prasasti pada salah satu candi. Candi Gunung Kawi dibagi empat kelompok. Kelompok candi lima berada di sebelah timur Tukad Pakerisan. Semua bangunan mengarah ke barat.

Candi Gunung Kawi memiliki fungsi sebagai tempat memuliakan roh suci Raja Udayana Warmadewa, Marakata, dan Anak Wungsu. Di sebelah barat Sungai Pakerisan terdapat kelompok candi empat. diperkirakan empat candi dimaksud sebagai “ padharman ” empat selir Raja Anak Wungsu. Di sebelah barat daya, ada satu candi yang dikenal dengan candi ke-10 (sepuluh). Pada pintu masuk candi gunung kawi terdapat tulisan “ rakryan ”. Mencermati tulisan huruf Kadiri Kwadrat tersebut, besar kemungkinan kelompok candi ke-10 sebagai tempat padharman pejabat atau perdana menteri pada masa pemerintahan Raja Anak Wungsu.

Anda bisa memasukkan Gunung Kawi dalam paket wisata anda bersama kami. Silahkan hubungi customer service kami untuk mengganti beberapa rute dalam paket yang sudah disusun.

Komentar Anda