upacara melasti bali

 

Pernah melihat iring-iringan orang berpakaian adat Bali di jalan? Mungkin ketika liburan anda di Bali, pemandangan seperti ini sempat anda temukan di dalam perjalanan. Nah itu merupakan bagian dari upacara Melasti di Bali. Melasti adalah upacara yadnya yang bermakna untuk mensucikan diri secara lahir dan bathin yaitu :

  • untuk dapat meningkatkan keheningan pikiran,
  • dan juga dilaksanakan untuk kesucian jagat raya ini yang disimbolisasikan dengan labuh gentuh dengan labuhan sesaji ke laut serta,
  • mesucikan seluruh arca, pratima, nyasa, pralingga sebagai wujud atau sthana Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa dengan segala manifestasi-Nya.

Sebagaimana disebutkan kutipan artikel Melasti dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia yang dilaksanakan setahun sekali.

Melasti dalam Babad Bali, disebutkan merupakan rangkaian dari hari raya Nyepi dan Melasti juga disebut juga melis atau mekiyis bertujuan untuk melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta memperoleh air suci (angemet tirta amerta) untuk kehidupan yang pelaksanaannya dapat dilakukan di laut, danau, dan pada sumber / mata air yang disucikan.

Bagi pura yang memiliki pratima atau pralingga seyogyanya mengusungnya ke tempat patirtan tersebut di atas. Pelaksanaan secara ini dapat dilakukan beberapa hari sebelum tawur demikian penjelasan dari artikel Babad Bali.

Di Bali umat Hindu melaksanakan upacara Melasti dengan mengusung pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya dengan hati tulus ikhlas, tertib dan hidmat menuju samudra atau mata air lainnya yang dianggap suci.

Upacara Melasti dilaksanakan dengan melakukan sembahyang bersama menghadap laut dan setelah usai dilakukan, pratima dan segala perlengkapannya ditedunkan dari jempana dan diusung kembali ke Balai Agung di Pura Desa masing – masing.

Pantai Jimbaran, Pantai Kuta, Pantai Padanggalak Sanur merupakan beberapa Pantai di Bali yang sering wisatawan bisa menyaksikan umat Hindu Bali melakukan prosesi Upacara Melasti.

Comments are closed.

Pilihan Produk Lainnya :

Wisata Seru Nusa Lembongan
Paket Wisata Bali 6 Hari Tanpa Hotel

Paket Wisata Bali 6 Hari Tanpa Hotel

  Enam hari di Bali merupakan durasi liburan yang sangat ideal untuk mengunjungi obyek – obyek wisata terkenal di Pulau Dewata. Jika anda sudah memesan hotel, paket ini sangat pas untuk anda pilih. Berikut detail Paket Wisata Bali 6 Hari Tanpa Hotel :
Paket Bulan Madu Bali 6 Hari 5 Malam Overnight Lembongan

Paket Bulan Madu Bali 6 Hari 5 Malam Overnight Lembongan

Dapatkan pengalaman yang berbeda di Bali dengan mengikuti Paket Bulan Madu Bali 6 Hari 5 Malam Overnight Lembongan. Kami akan mengajak anda untuk terlebih dahulu mengunjungi beberapa obyek wisata terkenal di Bali dan selanjutnya menyebrang dan menginap di Nusa Lembongan. Berikut detail paketnya
Paket Bulan Madu Bali 3 Hari 2 Malam Exclusive Honeymoon

Paket Bulan Madu Bali 3 Hari 2 Malam Exclusive Honeymoon

Bali memang tempat yang pas untuk berbulan madu. Banyak tempat yang indah untuk di kunjungi para Honeymooner. Tidak heran jika Bali selalu ramai dikunjungi para pengantin muda di seluruh Dunia. Berikut detail Paket Bulan Madu Bali 3 Hari 2 Malam Exclusive Honeymoon :
Paket Wisata Bali Lombok 6 Hari 5 Malam

Paket Wisata Bali Lombok 6 Hari 5 Malam

Keindahan Pulau Bali sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak tempat yang asyik dan seru untuk di kunjungi. Lombok tidak mau ketinggalan, Pulau ini menawarkan keindahan pantai yang menawan. Anda tertarik untuk berlibur di Bali dan Lombok? Yuk gabung bersama kami dalam Paket Wisata